Gerakan Nasional 1000 Startup Digital terdiri dari enam tahap:

  1. Ignition

Ini adalah tahap paling awal dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Format acara Ignition adalah seminar yang  menghadirkan pakar (domain expert) di enam sektor yang menjadi fokus Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Enam sektor tersebut adalah agrikultur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, dan energi.

Domain expert, dalam tahapan Ignition akan memberikan pemahaman tentang permasalahan-permasalahan yang ada di sektor industri yang mereka geluti. Mereka akan berbagi pengalaman di lapangan, pemikiran, serta tantangan di industri.

Domain expert yang diundang di antaranya terdiri dari pihak kementerian terkait, konsultan, pelaku industri, pemilik usaha, akademisi, dan peneliti. Di tiap sesi peserta akan mendengarkan overview dari kondisi tiap sektor yang ada, tantangan-tantangan yang krusial saat ini serta  prioritas negara di sektor ini.

Pemaparan dari pakar terkait masalah yang terjadi di industri diharapkan akan memberikan ide solusi dari peserta. Solusi yang bisa dihadirkan melalui teknologi, yang melahirkan startup baru yang bantu memecahkan masalah yang di hadapi Indonesia di enam sektor industri tersebut.

Di akhir acara akan ada sesi breakout. Sesi ini teman-teman calon founder startup akan dibagi ke tiap sektor yang diminati, dan bertemu dengan para domain expert untuk bisa berdiskusi lebih jauh tentang sektor tersebut.

  1. Networking

Tahapan kedua adalah networking. Namun sebelum masuk ke sesi ini, teman-teman akan diminta untuk menuliskan problem yang ingin diselesaikan. Permasalahan ini akan menjadi dasar teman-teman mulai berkenalan dengan lainnya untuk membuat tim startup (networking).

Setiap tim yang terbentuk baiknya memiliki tiga komponen peran: hacker, hipster dan hustler.  Hacker adalah orang yang memiliki kemampuan pengembangan produk digital. Hipster adalah orang yang memiliki kemampuan desain (visual dan/atau experience). Hustler adalah orang yang memiliki kemampuan bisnis (pengembangan bisnis, marketing).

  1. Workshop

Setelah melewati dua sesi, dan memiliki tim, baru teman-teman akan memasuki sesi workshop. Di sesi ini akan ada serangkaian pelatihan untuk mengasah keterampilan peserta, sekaligus menjadi landasan dalam membangun startup. Topik yang akan diajarkan dalam sesi ini mencakup: Design Thinking, Market Validation, Business Model

Design thinking adalah metode yang akan diperkenalkan ke teman-teman calon founder terkait merancang produk, ide, gagasan, yang merupakan solusi atas masalah (yang sudah dipilih)  dengan menggabungkan empati, kreativitas, dan pemikiran secara rasional.

Setelah produk lanjut ke market validation. Tahapan ini bertujuan memastikan bahwa asumsi dari masalah yang sudah definisikan, berdampak kepada banyak orang. Mencakup juga topik seputar riset pasar dan user experience (UX). Terakhir, business model. Sesi workshop yang tak kalah penting, sebab di sini teman-teman belajar untuk merancang sebuah bisnis yang berkelanjutan dengan memetakan keunggulan dari produk, sumber penghasilan dan pendapatan, segmentasi target khalayak, hingga struktur pembiayaan.

  1. Hacksprint

Sesi keempat ini akan membantu peserta mengeksekusi ide produk dengan bimbingan dari mentor yang sudah berpengalaman dalam menjalankan startup (bisnis). Di tahap ini, teman-teman akan diminta untuk membentuk tim, yang akan menjadi cikal bakal tim startup mereka ke depannya.

Dalam tahap ini, teman-teman juga akan diminta untuk mempresentasikan prototipe produk di hadapan para mentor yang akan menjadi reviewer. Pada sesi presentasi prototipe ini teman-teman akan mendapatkan feedback dari para mentor yang hadir.

Setelah melakukan hacksprint, teman-teman bisa mulai melakukan validasi dari solusi yang kalian kembangkan.

  1. Bootcamp

Setelah dinyatakan lulus dari tahap Hacksprint oleh juri dan mentor, teman-teman akan mengikuti tahap Bootcamp. Di sesi Bootcamp, teman-teman akan mendapatkan mentoring intensif selama dua hari dari sisi go-to-market strategy. Ini adalah tahap penyempurnaan produk teman-teman. Dalam proses  pengembangan dan penyempurnaan produk dari sisi bisnis, meliputi pemasaran dan branding. Teman-teman akan didampingi oleh mentor-mentor yang berpengalaman.

  1. Incubation

Jika teman-teman lolos hingga tahap ini, incubation merupakan sebuah program selama tiga bulan yang secara menyeluruh. Dalam tahapan ini, startup yang lolos akan berkantor di coworking space. Program inkubasi ini dirancang khusus untuk mendukung startup meluncurkan produk. Sekaligus akan terus dibimbing untuk memperbaiki produk secara berkala. Tiap startup akan diberikan metriks untuk mengukur perkembangan dan kemajuan produk mereka, dan akan diskusi secara intensif dengan tim startup success manager.

Show Buttons
Hide Buttons