Benang merah dari startup yang sukses adalah dalam sebuah tim startup tersebut memiliki tiga karakter yang biasa disebut sebagai “The Startup Triangle Team”.

Hacker

Hacker adalah tipikal developer atau engineer. Ia memiliki keterampilan dasar untuk mendirikan startup digital. Sebab tipe hacker adalah orang yang memahami bahasa pemograman (coding). Tipe individu ini sangat  akrab dengan spreadsheet, data, dan semua hal berbasis logistik. Ia bertanggung jawab untuk menciptakan produk, merealisasikan ide menjadi sebuah platform yang dibutuhkan pengguna.

Hipster

Kalau yang ini jenis orang kreatif atau individu yang mempunyai minat serta bakat dalam bidang desain. Tipe hipster ini yang akan memastikan produk akhir terlihat keren, dan lebih unggul daripada produk yang lain di luar sana. Biasanya tipe ini selain berjiwa artistik, juga terkenal trendi. Ia memiliki pengetahuan tentang tren yang sedang berkembang di luar sana. Hipster akan memastikan user experience dari pengguna berjalan dengan memuaskan. Ia juga bertanggung jawab terhadap citra brand produk di pasaran.

Hustler

The last but not least, hustler. Ini tipe orang yang supel, ramah, pintar bicara, dan suka berjejaring. Individu ini akan bertanggung-jawab terhadap marketing dan bisnis. Biasanya sih, tipe hustler adalah pimpinan atau CEO. Sebab ia adalah invidu yang visioner, dan mampu memikirkan formula kelangsungan bisnis secara berkesinambungan. Hustler juga memiliki kemampuan dari menjual ide ke investor, bahkan memiliki passion untuk menjelaskan, menawarkan hingga menjual produk ke konsumen, sekaligus memikirkan manajemen perusahaan.

Show Buttons
Hide Buttons